Senin, 06 Februari 2017

Membuat Aplikasi Android (Absensi Siswa) Chapter 1

            Bagaimana cara membuat aplikasi berbasis android dan iOS? Disini, saya akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana membuat sebuah aplikasi berbasis android dan iOS. Projek membuat aplikasi yang akan saya jelaskan adalah membuat sebuah aplikasi absensi siswa di sekolah via device atau gadget masing-masing siswa. Dalam penjelasan terkait projek ini, saya akan membaginya dalam beberapa chapter atau berseri. Pada kesempatan kali ini, saya akan  langsung mengajak anda untuk masuk dalam chapter pertama. Chapter ini berisi tentang bagaimana membuat sebuah file projek aplikasi android. Sebelumnya, jangan lupa bahwa anda telah menginstal node.js, cordova dan ionic versi ke-2 di Laptop atau pc anda, untuk anda memulai projek ini dalam membuat sebuah aplikasi android. Langsung saja, mari kita mulai.

Membuat file projek ionic 2 (embrio apk)
Untuk membuat sebuah apk yang nantinya akan digunakan untuk android dan iOS. Kita terlebih dahulu membuat sebuah file projek untuk membuat fitur-fitur apa saja yang akan terdapat dalam aplikasi tersebut nantinya. Nah untuk membuat file projek tersebut, langkah-langkah yang harus kita lakukan pertama ialah membuka command promt atau CMD. Klik start atau tekan icon bergambar bendera windows di keyboard anda,  kemudian pada bagian search ketik CMD lalu enter, nanti akan terbuka jendela CMD atau command promt di layar laptop atau pc anda, tampilannya seperti berikut :





Untuk selanjutnya, anda menentukan lokasi untuk anda menyimpan file projek anda. Pada gambar disamping menyatakan lokasi penyimpanan akan berada pada local disk C. dan di dalam folder user, kemudian masuk lagi ke dalam folder Allen.

Jika anda ingin menyimpan file projek pada local disk D (misalnya), maka anda tinggal mengetikkan  D: kemudian tekan enter. Kemudian anda tinggal memilih lokasi folder yang anda inginkan, untuk menentukan lokasi folder anda perlu mengetik cd kemudian nama folder yang anda inginkan menjadi lokasi penyimpanan file projek, misalnya “cd Tio”. Setelah menentukan lokasi penyimpanan, maka langkah selanjutnya adalah memulai untu membuat sebuah file projek. Masih dalam jendela command prompt atau CMD. Untuk memulai anda perlu mengetikkan :
Ionic start menu1 tabs –v2 atau
Ionic start menu1 sidemenu –v2 atau
Ionic start menu1 blank –v2
3 kode tersebut merupakan pilihan bagi anda untuk menentukan template dari aplikasi yang anda inginkan. Saya akan menjelaskan bagian-bagian dalam kode tersebut. “Ionic start” adalah sebuah pernyataan bahwa anda akan memulai membuat sebuah file projek. Sedangkan “menu1” merupakan nama file projek yang akan anda buat, nama ini bisa anda ubah sesuai dengan apa yang anda inginkan. Kemudian “tabs”, “sidemenu”, “blank” adalah pilihan jenis template yang mau anda gunakan dan yang terakhir “–v2” merupakan kode untuk penanda bahwa file projek yang akan anda buat adalah ionic versi ke-2. Berikut adalah gambaran dari jenis-jenis template :
a.       Template tabs



b.      Template sidemenu (menu samping)



c.       Template blank  (tanpa tabs dan menu samping)


d.      Template sidemenutabs (menggunakan menu samping dan juga tabs)



Anda sudah bisa melihat dan mulai menganalisis perbedaan-perbedaan dari beberapa contoh template di atas dan anda bebas untuk memilih jenis template apa yang nantinya akan anda gunakan dalam membuat sebuah projek aplikasi android yang ingin anda buat. Tetapi, kembali lagi ke awal bahwa disini saya akan memaparkan kepada anda ke dalam sebuah projek saya dalam membuat aplikasi absensi siswa. Untuk itu, pada kesempatan kali ini pilihan template akan ditentukan sesuai keinginan dari saya. Saya akan menggukan jenis template sidemenu (menu samping). Maka saya akan membuat file projek dengan kode ionic start menu1 sidemenu –v2.
            Setelah mengetik kode tersebut, lalu di enter. Kemudian tinggal tunggu proses untuk membuat file projek tersebut. Setelah proses selesai, maka sudah jadilah file projek yang ingin anda buat. Anda tinggal mengecek di lokasi anda menyimpang file projek tersebut. Langkah selanjutnya adalah tinggal mengubah, mengedit dari file-file yang ada untuk menjadikan aplikasi tersebut menjadi sebuah aplikasi seperti yang anda inginkan. Maka, dengan sudah terbuatnya file projek ini, penjelasan untuk chapter 1 cukup sampai disini. Untuk langkah selanjutnya, saya akan menjelaskan pada chapter yang ke-2. Terimakasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar